Mulai Interior Hingga Mesin, Ini Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki SX4

Suzuki SX 4

Suzuki SX4 X-Over adalah crossover keluaran Suzuki yang cukup tenar di dunia berkat ikut sertanya dalam ajang WRC (World Rally Championship), ditambah lagi harga Suzuki SX4 X-Over yang tergolong terjangkau untuk pasar Indonesia membuat mobil satu ini merupakan mobil incaran banyak anak muda di Indonesia.

SX4 X-Over merupakan salah satu andalan Suzuki pada jamannya. SX4 X-Over didatangkan secara CBU pada tahun 2007 dan mulai diproduksi secara CKD pada tahun 2008 dengan tambahan rear disc brake dan muncul versi trondol yaitu X-road yang minus overfender, MID, Audio Steer Control, dan velg yang lebih kecil.

Ada banyak kelebihan yang terdapat dari Suzuki SX4, Dari keseluruhan yang ada pada design Suzuki SX4 memang memperlihatkan keunggulan khas Suzuki yang tidak Anda temukan di hatchback konvensional dari mobil-mobil lainnya. Dinamisme SUV memang lebih berbeda dari yang lain dan itu terlihat pada model hatchback yang di pergunakannya. 

Suzuki SX4 memang di rancang untuk segala macam kondisi dan tetap terlihat baik di keadaan apapun. Design eksterior SX4 memang meninggi dari bagian depan sampai bagian belakang yang membuat penampilannya lebih sporty dan terlihat lebih tangguh. Untuk bagian kaca juga di berikan bentuk yang sesuai dengan body luar dengan kaca segitiga di atas spion sehingga lebih mendukung design eksterior SX4 tersebut.

Bagian Interior yang di ada pada SX4 memang memberikan kenyamanan dengan ruang kaki dan ruang bahu luas untuk penumpang di bagian depan maupun belakang. Bukan hanya ruang yang luas untuk kaki tetapi Posisi kursi juga di pastikan memberi kenyamanan penumpang dengan bentuk yang sesuai dengan keadaan bagian interior mobil. 

Penempatan posisi kursi memang khusus dirancang dengan baik dan benar sesuai pada posisi duduk yang alami agar saat perjalanan jauh tetap nyamanuntuk di duduki. Selain posisi kursi, design interior pada SX4 juga mengatur agar semua akses di dalam mobil lebih mudah seperti bukaan pintu yang besar,ketinggian kursi yang sesuai sampai ground clearance yang tinggi. Hal tersebut akan memungkinkan penumpang yang berada di belakang dapat melihat dengan jangkauan yang luas sehinga kenyamanan ada pada seluruh penumpang yang berada di depan maupun di belakang.

Dibekali dengan mesin M15A 1.5 L vvt DOHC 16 valve, sama dengan yang digunakan pada Suzuki Swift dan Neo Baleno dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan, SX4 X-Over mampu nyemburkan tenaga 100 ps pada 6000 rpm dan torsi 133 Nm pada 4000 rpm. Settingan didowngrade dari versi jepang yang mampu menyemburkan tenaga 110 ps pada 6000 rpm dan torsi 143 Nm pada 4000 rpm untuk menyesuaikan dengan BBM di Indonesia, sehingga mampu menenggak premium.

Shock yang digunakan cukup stiff namun tidak terlalu keras, meningkatkan handling SX4 X-Over, sehingga mampu menjaga kestabilan di kecepatan tinggi dan mengurangi gejala limbung di tikungan. Stir nya cukup berat sehingga mengurangi kelincahan untuk bermanuver meskipun dimensinya mungil. Akselerasi terasa lambat untuk putaran bawah, ditambah bobot mobil yang mencapai 1.2 ton, namun membaik seiring dengan meningkatnya rpm.

Namun bukan berarti Suzuki SX4 tidak mempunyai kekurangan, ada beberapa kekurangan yang ada pada SX4 adalah:

Fiturnya dirasa sangat minim
(Fitur yang ditanamkan pada mobil suzuki SX4 kurang lengkap dan masih perlu adanya tambahan fitur seperti mobil rival dikelasnya.)
Performa mesin dirasa kurang maksimal
(Performa mesin SX4 yang kurang tangguh dibandingkan dengan Swift.)
Lebih banyak mengkonsumsi BBM
(Penggunaan BBM lebih banyak dan boros.)
Handling kurang lincah
(Handiling dirasakan kurang gesit saat berkendara.)

Semoga bermanfaat !