Cara Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK

Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) atau sekarang lebih dikenal dengan nama Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)  adalah sebuah surat yang diterbitkan oleh Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) melalui Kepolisian Sektor (POLSEK) atau juga Kepolisian Resor (POLRES) setempat tentang surat yang berisikan catatan atau data seseorang didalam data kepolisian. Surat ini berfungsi untuk menerangkan bahwa ada atau tidak nya seseorang tersebut dalam catatan kriminalitas ataupun kejahatan. Surat SKCK ini merupakan sebuah surat yang terbilang sangat penting bagi semua masyarakat di Indonesia, pasalnya anda akan membutuhkan surat SKCK ini ketika anda hendak melamar pekerjaan, untuk melengkapi administrasi pada rekrutmen Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS), pencalonan diri sebagai pejabat, pendaftaran sekolah di dalam maupun luar negri dan lain sebagai nya. SKCK ini memiliki masa berlaku selama 6 bulan sejak diterbitkan, jika masa berlaku sudah habis, anda bisa memperpanjang jika memang dibutuhkan. Jika anda sebelumnya pernah membuat SKCK untuk melamar pekerjaan, tetapi masa berlaku SKCK tersebut sudah kadaluwarsa maka anda bisa memperpanjang masa berlaku SKCK tersebut. Sebagian besar orang beranggapan bahwa membuat atau memperpanjang SKCK itu sebuah hal yang rumit dan sulit, tetapi faktanya dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang di zaman ini, proses pembuatan serta perpanjangan masa berlaku SKCK jadi lebih mudah dan cepat selama anda mengerti dan memahami semua prosedur yang diarahkan. Kami telah merangkum cara membuat SKCK agar anda dapat lebih mudah memahami prosedur serta syarat yang diperlukan, mari simak cara nya dibawah ini : 

1. Siapkan Surat Pengantar
Surat pengantar merupakan hal pertama yang perlu disiapkan saat hendak membuat SKCK, surat ini didapatkan dari Kelurahan, akan tetapi jika ingin mendapatkan surat pengantar ini anda harus terlebih dahulu berkunjung pada ketua RT setempat untuk dibuat kan surat pengantar yang diperlukan kepada ketua RW, dari ketua RW nantinya anda akan diberi surat pengantar untuk keperluan pembuatan surat pengantar yang berasal dari Kelurahan. Intinya, jika ingin mendapatkan surat pengantar dari Kelurahan untuk membuat SKCK, anda harus terlebih dahulu meminta surat pengantar dari RT dan RW setempat. Memang bila dibaca seperti sesuatu yang rumit, tapi faktanya meminta surat dari RT dan RW serta Kelurahan itu mudah kok.

2. Siapkan Persyaratan Yang Diperlukan
Setelah anda memiliki Surat Pengantar dari kelurahan, ada beberapa dokumen pribadi yang juga harus dipersiapkan untuk proses pembuatan SKCK, yaitu :
- Fotokopi KTP atau SIM
- Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
- Fotokopi Akta Lahir / Ijazah Terakhir / Surat Kenal Lahir
- Pas Foto berlatar merah berukuran 4x6 sebanyak 6 lembar

3. Pengurusan SKCK di Polsek atau Polres
Jika semua dokumen dokumen penting telah disiapkan, anda dipersilahkan untuk melanjutkan proses pembuatan SKCK di Polsek untuk tingkat kecamatan dan Polres untuk tingkan Kabupaten/Kota tergantung keperluan SKCK tersebut. Jika anda membutuhkan SKCK untuk melamar pekerjaan, pengurusan Visa, kelengkapan administrasi Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) anda disarankan untuk membuat SKCK di Polres. 

Bagaimana? Mudah bukan? Kini anda pastinya sudah mengerti syarat dan dokumen apa saja yang diperlukan untuk membuat SKCK. Jika anda sudah mengerti semua prosedur yang telah dijelaskan diatas, pastinya terasa mudah dan ringan untuk membuat SKCK yang sangat penting tersebut.