Perhatikan Ini Sebelum Beli Paket Internet

Paket Internet

Beberapa tahun terakhir bisa dibilang merupakan eranya digitalisasi, bahkan sekarang ini semua lini kehidupan manusia sudah bisa digunakan via internet. Karena hal itulah kebutuhan paket internet disetiap smartphone merupakan hal yang krusial sekarang ini. Bahkan anak muda milenial sekaan ini tidak bisa terpisah dengan gawainya karena media sosial. 

Internet jaman sekarang sudah jadi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan tingkat penyebaran internet yang semakin meluas. Kebutuhan paket data internet meningkat sejalan dengan pengguna internet dan layanan dari operator telekomunikasi di Indonesia.

Namun untuk memilih operator penyedia data internet bukanlah hal yang mudah, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membelinya jika ingin berselancar didunia maya dengan nyaman tanpa adanya gangguan.

Dari sekian banyak hal yang harus diperhatikan, Lokasi kamu berada merupakan factor yang paling penting karena ini berhubungan dengan kualitas sinyal dan kestabilan koneksi disekitar tempat kamu. Karena disini ada faktor letak BTS dan jenis sinyal yang dipancarkan operator pilihan kamu.

Cek dan kenali terlebih dulu lokasi tempat kamu sering menggunakan koneksi internet sebelum memilih provider. Cek jenis sinyal yang ada seperti 3G, 4G atau LTE dari para operator yang ada. Selain itu faktor yang lain adalah seberapa sering kamu pergi ke berbagai tempat, apakah tempat yang itu-itu saja atau hanya untuk koneksi pribadi di rumah atau tempat yang menetap.

Selain itu kamu juga harus menyadari cara kamu memakai data internet. Bila kamu mengakses internet all day (seharian penuh) maka paket internet full yang kamu butuhkan. Adakalanya operator mengemas paket promonya untuk waktu-waktu tertentu sebagai bonus, misalkan ekstra kuota bergiga-giga atau unlimited hanya untuk jam tertentu seperti lepas tengah malam hingga pagi hari atau waktu yang lain. Bila kamu termasuk orang yang suka begadang menghabiskan waktu berinternet atau download, paket-paket kalong seperti ini cocok buat kamu.

Salah satu faktor penggunaan internet adalah peralatan yang digunakan. Apakah internet yang digunakan hanya untuk handphone saja atau untuk perangkat lain seperti laptop yang menggunakan tethering. Konten internet untuk perangkat mobile rata-rata dioptimasi untuk konsumsi pemakaian yang lebih hemat. Sementara itu untuk perangkat non mobile seperti laptop, konten bisa dimuat dengan konsumsi yang lebih banyak.

Selain perangkat yang digunakan, kamu juga perlu mengenali aplikasi apa saja yang sering kamu gunakan. Apakah hanya update status media sosial? Atau yang lebih berat, seperti melihat dan upload konten audio visual? Atau untuk main game online?

Update status di media sosial tentu saja lebih irit daripada menonton video streaming. Kamu bisa mempertimbangkan aplikasi apa saja yang aktif di perangkat tertentu. Adakalanya provider tertentu mengemas bundle paket aplikasi media sosial secara gratis.

Buat para gamer online, kebutuhan kuota internet dan speed yang tinggi menjadi keharusan dalam memilih paket internet yang cocok. Terlebih buat yang suka streaming musik dan video seperti Spotify atau YouTube, kuote internet cepat dan besar merupakan keharusan.

Nah yang tak kalah penting kamu juga harus memperhatikan selalu pemakaian tiap bulan kuota internet kamu. Gunakan aplikasi tertentu, pantau penggunaan koneksi rata-rata tiap bulan. Kesampingkan dulu aktivitas internet yang bersifat hiburan. Anggap hal itu sebagai bonus. Jangan sampai kamu beli paket internet yang masih ada sisa banyak tiap masa aktif paket akan berakhir, tentunya akan membuang biaya. Jadi belilah paket yang sesuai dengan penggunaan bulanan kamu.