Tips Memilih Meja Makan Sesuai Dengan Kebutuhan

Berbicara tentang kelengkapan rumah, rasanya tidak akan lepas dari yang namanya meja makan, memilih meja makan sebenarnya perkara yang bisa dibilang gampang-gampang susah, beberapa orang mungkin akan memilih meja makan dengan cara asal dan ujung-ujungnya ada saja masalah setelah meja makan yang dinginkan, mulai dari terganggunya suasana makan, hingga meja makan yang membuat ruangan menjadi terasa sempit. 

Meja Makan

Karena itu disini kami akan membagikan beberapa tips bagaimana cara memilih meja makan sesuai dengan luas ruangan yang anda miliki, agar nantinya meja makan yang anda pilih tidak akan terlalu lebar dan tidak membuat ruangan menjadi terasa menyesakkan.

Secara umum, bentuk meja makan dibagi menjadi 3 jenis, bentuk bulat, persegi panjang, dan persegi, dan setiap bentuk memiliki kelebihannya masing-masing, misalnya meja persegi panjang memiliki kelebihan bisa menampung orang lebih banyak, berbeda dengan meja bundar, namun meja bundar juga memiliki kelebihan, yaitu terasa tidak ada ada batas antara satu dan yang lainnya, dengan kata lain jadi terasa akrab.

Sebaiknya sebelum memilih meja makan, ukurlah ruangan Anda terlebih dahulu, agar saat memilih meja makan anda tidak terlalu kebingungan. Untuk lebar meja makan sebaiknya minimal 91 cm, ukuran ini sudah cukup agar anda nyaman meletakan hidangan.

Selanjutnya ukur jarak antara meja dan dinding, setidaknya buat jarak sekitar 1,2 meter diantara keduanya, fungsinya agar orang bisa bangun dan duduk dengan nyaman dari kursi makan.

Ukur juga jarak antara meja dan furnitur, jarak antara keduanya sama dengan sebelumnya, yaitu sekitar 1,2 meter, fungsinya pun sama seperti diatas, agar orang bisa duduk dan bangun dengan nyaman.

Jangan lupa atur sebanyak apa kursi yang akan disediakan di meja makan, penempatan kursi sebaiknya juga dihitung, karena jika terlalu banyak maka otomatis akan mengganggu seuasana makan anda, umumnya setiap orang memerlukan ruang sebesar 60 centimeter agar  tidak terasa sesak saat makan.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah bentuk dari meja makan yang akan anda letakkan, jika ruangan anda sempit maka sebaiknya pilih meja makan yang berbentuk bundar, sedangkan pada ruangan yang cukup lebar anda bisa memilih meja makan berbentuk persegi atau persegi panjang.

Selain itu saat memilih meja yang berbentuk bundar, sebaiknya pilih kaki meja yang hanya satu, hal ini agar kaki anda terasa nyaman dan tidak ada terasa ada gangguan saat duduk di meja makan.

Pada meja makan persegi atau persegi memiliki kelebihan berupa lebih banyak orang yang bisa duduk bersama, semakin panjang meja, makan akan semakin banyak pula kapasitas yang bisa ditampung.

Seain itu apabila ruangan terasa sempit, anda bisa meletakkan meja makan menempel ke dinding.